Yuk Pelajari Berbagai Manfaat dari Puasa Senin Kamis

Image source: http://sumsel.tribunnews.com/2015/03/09/ini-dia-bukti-ilmiah-manfaat-dari-puasa-senin-kamis
Image source: http://sumsel.tribunnews.com/2015/03/09/ini-dia-bukti-ilmiah-manfaat-dari-puasa-senin-kamis

Dari Abu Umamah ra, dari Nabi Saw. Beliau bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa sehari di jalan Allah, maka Allah akan menjadikan antara dirinya dan api neraka suatu parit sejauh langit dan bumi.” (HR. Tirmidzi. Dia berkata: “Hadis ini hasan.”)

Dalam Islam, banyak sekali jenis puasa sunnah. Beberapa di antaranya adalah puasa sunnah Daud, puasa sunnah Syawwal, puasa sunnah Senin Kamis dan lainnya. Namun kali ini kita akan spesifik ngebahas tentang puasa Senin Kamis.

Mengenai kesunnahan puasa Senin Kamis, ada beberapa hadits yang bisa dijadikan dalil. Hadits pertama adalah dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan,

إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ.

Rasulullah SAW biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. An Nasai no. 2362 dan Ibnu Majah no. 1739)

Dalam hadits ini bisa dipahami dengan mudah bahwa Rasulullah terbiasa melakukan puasa di hari Senin dan Kamis. Untuk itu, kita sebagai umatnya sudah sepatutnya mengikuti sunnah tersebut.

Hadits yang kedua adalah sebuah hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, RasulullahSAW bersabda,

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 747)

Dalam hadits ini Rasulullah SAW memberitahukan rasa sukanya terhadap puasa sunnah di hari Senin dan Kamis. Alasan Rasulullah SAW berpuasa di hari Senin dan Kamis karena amalan beliau (dan kita semua) akan dihadapkan kepada Allah pada hari Senin dan Kamis.

Dua hadits ini kita rasa sudah cukup mewakili dalam menentukan bahwa puasa di hari Senin dan Kamis adalah sunnah.

Agar tidak terlalu luas, kita tidak akan membahas puasa Senin Kamis secara umum. Kita akan fokus pada manfaat yang bisa diperoleh dengan berpuasa Senin Kamis. Mudah-mudahan dengan adanya gambaran manfaat yang bisa kamu peroleh melalui puasa Senin Kamis, kamu semakin bersemangat untuk melakukan puasa sunnah ini.

Selamat membaca.

1. Sebagai Pengendali Hawa Nafsu

Image source: pixabay.com
Image source: pixabay.com

Dalam sebuah hadits Rasulullah memerintahkan kita untuk berpuasa jika belum mampu untuk menikah. Iya, salah satu manfaat berpuasa adalah sebagai pengendali hawa nafsu. Sebagai manusia normal, kamu tentu pernah mengalami munculnya hasrat seksual. Jika munculnya sekali dua kali mungkin nggak jadi malasah. Namun jika munculnya hasrat tersebut sering, tentu akan sangat merepotkan. Apalagi untuk orang-orang yang masih sendiri (singel), hehe.

Nah, Islam dalam hal ini menawarkan solusi terbaik yaitu dengan berpuasa. Tentu puasa yang dimaksuk bukan hanya puasa ramadhan, karena nasfsu tersebut kan tidak hanya muncul di bulan ramadhan tapi juga di waktu-waktu yang lain. Puasa di sini lebih ke puasa sunnah, seperti puasa sunnah Senin Kamis atau puasa Daud. Apabila puasa Senin Kamis ini dikerjakan secara rutin, maka kemampuan kita untuk mengendalikan hawa nafsu akan semakin baik.

Oh iya, ada yang menganggap yang dimaksud dengan hawa nafsu adalah nafsul seksual saja. Pemahaman hawa nafsu tidak hanya sebatas itu. Hawa nafsu juga meliputi keinginan-keinginan untuk melakukan hal tidak baik lainnya seperti maruk dalam mencari harta, terlalu mengejar kekuasaan, ingin orang lain mendapat musibah dan lain sebagainya. Dengan rutin berpuasa Senin Kamis, mudah-mudahan menjadikan kamu orang yang pintar dalam mengontrol hawa nafsu.

2. Merasa Mudah untuk Beramal

Image source: (Shutterstock)
Image source: (Shutterstock)

Lihat saja saat puasa ramadhan, berbagai ibadah lain terasa mudah untuk dikerjakan. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh sugesti yang kita ciptakan sendiri. “Sudah puasa, tambah shalat dhuha ah”, atau bisa juga “lagi puasa, hari ini stop dulu ngomongin orang” dan lain sebagainya. Puasa bisa menjadi pendorong untuk meningkatkan amalan baik atau menurunkan frekuensi perbuatan jelek.

Karena puasa Senin Kamis adalah puasa yang dikerjakan secara rutin dan terus menerus, maka kemungkinan amal ibadah yang bisa kamu kerjakan akan semakin banyak. Jika rutin melakukan puasa senin kamis selama satu bulan misalnya, itu artinya kamu berpuasa 8 hari dalam satu bulan atau hampir sepertiganya. Sudah kebayang dong kemungkinan perbedaan amal ibadah yang bisa kamu tambah (selain puasa itu sendiri) diandingkan jika kamu memilih untuk nggak berpuasa? Nggak usah banyak-banyak, mungkin kamu bisa tambah dua rakaat shalat dhuha, itu udah bagus. So, yuk  biasain rutin berpuasa hari Senin sama Kamis.

3. Menenangkan Jiwa dan Perasaan

Image source: https://500px.com/photo/7420040/milky-way-on-a-quiet-night-by-knate-myers
Image source: https://500px.com/photo/7420040/milky-way-on-a-quiet-night-by-knate-myers

Bagi orang-orang yang sudah menjalankan puasa Senin Kamis secara rutin, mereka akan cenderung setuju dengan poin ini. Hal ini karena mereka sudah terlatih untuk bersabar. Saat ada masalah yang muncul, kesabaran yang sudah terbentuk itu akan membantu menenangkan jiwa mereka. Juga demikian, saat ada orang-orang yang dengan sengaja atau tidak menyakiti perasaan mereka, mereka dengan mudah dapat menjaga perasaan dan emosi.

4. Lebih Peka Terhadap Lingkungan

Image source: http://www.express.co.uk/news/uk/388676/It-s-time-to-show-some-respect-again
Image source: http://www.express.co.uk/news/uk/388676/It-s-time-to-show-some-respect-again

Puasa Senin Kami juga akan membentuk kepekaan sosial pada orang yang mengamalkannnya. Berpuasa mengajarkan kita untuk tahu bagaimana rasanya tidak mempunyai makanan dan minuman. Apalagi jika puasa senin kamis ini dilakukan secara rutin dan dalam waktu yang cukup lama, akan semakin besar pula tingkat kepekaan sosial kita.

Dalam hal ini puasa senin kamis bisa menjadi semacam terapi atau pemberian sugesti secara rutin dan terus menerus. Mulai sekarang, yuk biasain rutin puasa senin kamis. Janga lupa diniatin karena Allah dan diniatkan untuk melatih kepekaan sosial. Jika belum terbiasa melakukan puasa sunnah, nggak perlu takut. Puasa sunnah itu mudah banget kok dikerjakan. Dan puasa itu dianggap sebagai amal ibadah yang paling mudah. Wong modalnya cuma “gak makan” doang kan.

5. Waktu Istirahat Bagi Organ Tubuh

Image source: http://risetoit.co.za/rest-versus-active-recovery/
Image source: http://risetoit.co.za/rest-versus-active-recovery/

Saat berpuasa, organ tubuh manusia, khususnya organ pencernaan, akan beristirahat. Hal ini sangat bermanfaat untuk kesehatan terutama kesehatan jangka panjang. Logikanya, bayangkan saja jika sebuah unit mesin dihidupkan selama 24 jam dan digunakan untuk berbagai keperluan selama satu tahun, apa yang akan terjadi? Iya, mesin tersebut akan rusak secara perlahan. Begitu juga dengan organ tubuh manusia, mereka akan rusak jika tidak diistirahatkan.

Nah, puasa senin kamis adalah solusi terbaik untuk mengistirahatkan organ pencernaan kamu. Dalam satu minggu, organ pencernaan akan bekerja selama 5 hari dan akan beristirahat selama dua hari. Hmm, cukup fair ya kayaknya.

6. Menurunkan Kadar Lemak

Image source: pixabay.com
Image source: pixabay.com

Salah satu manfaat lain dari puasa Senin Kamis adalah dapat menurunkan kadar lemak. Makanya orang yang rutin berpuasa Senin Kamis memiliki kesempatan bertubuh ramping lebih tinggi. Kamu nggak perlu program diet. Cukup dengan berpuasa Senin Kamis secara rutin saja sudah lebih dari cukup. Sudah langsing, berpahala pula, hehe.

Tapi ingat, niat berpuasa senin kamis tetap karena Allah dan ingin mendapatkan keridhaannya. Jangan sampai kamu niat berpuasa agar langsing. Kecil sekali nilai niat yang seperti itu. Jadi, tetap niat berpuasa karena Allah SWT. Hasil lain yang didapat (dalam hal ini adalah langsing) merupakan bous dari Allah SWT.

7. Sarana Menjaga Diri dari Makanan Syubhat

Image source: webhalal.com
Image source: webhalal.com

Salah satu hal paling penting yang perlu diperhatikan oleh setiap muslim adalah makanan. kehalalan dan kebaikan makanan akan sangat berpengaruh dalam kehidupan setiap muslim. Makanan yang masuk ke tubuh kita harus makanan yang halal dan baik.

Nah, dengan berpuasa Senin Kamis, kemungkinan masuknya makanan yang tidak halal atau tidak baik akan semakin kecil. Logikanya cukup sederhana. Jika kamu potensi makanan yang kurang baik masuk ke tubuh kamu 5mg per hari, maka dalam satu minggu ada 35 mg makanan yang kurang baik tersebut. Dengan ruti berpuasa hari Senin dan Kamis, potensi makanan tidak baik tersebut berkurang menjadi 25mg saja. Lumayan kan, mengurangi nilai keburukan diri kita di hadapan Alla SWT.

Itu kita baru bicara makanan yang kurang baik lho ya, makanan yang ghairu thayyib. Belum lagi dengan potensi makanan syubhat atau bahkan haram.

Makanya, yuk kita biasakan berpuasa sunnah di hari Senin dan Kamis.

8. Meremajakan Sel Kulit

Image source: www.timberlinewindsor.org
Image source: www.timberlinewindsor.org

Sel-sel kulit kamu perlu diremajakan kembali. Peremajaan ini bisa dilakukan dengan banyak cara baik yang gratis atau dengan mengeluarkan sejumlah dana. Salah satu cara meremajakan kulit adalah dengan merutinkan puasa Senin Kamis. Hasil penelitian menyebutkan bahwa sel-sel tubuh kita akan bekerja lebih maksimal ketika berpuasa.

Namun sekali lagi ingat ya, manfaat-manfaat seperti ini adalah bonus dari Allah SWT. Niat melakukan puasa Senin Kamis harus benar-benar karena Allah dan karena ingin mendapatkan ridha-Nya.

9. Mengencangkan dan Mempercantik Kulit

Image source: www.energylivenews.com
Image source: www.energylivenews.com

Cara kerjanya sama seperti di atas, sel kulit akan bekerja lebih maksimal saat kita berpuasa. Hasil yang akan diperoleh adalah kencangnya kulit dan kulit akan tampak lebih cantik. Hal ini bisa menjadi metode praktis, gratis dan berpahala buat para ladies. ?

Tapi nggak bosen-bosen nih kita ingetin, niatnya harus benar ya..

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan rutin berpuasa hari Senin dan Kamis. Bagi yang sudah terbiasa, alhamdulillah dan terus istiqamah. Bagi yang belum, yuk dimulai dari hari Senin atau Kamis depan. Ok?

Selamat berpuasa…(edited/fm)

Article source: http://www.satujam.com/manfaat-puasa-senin-kamis/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *