PENELITI TEMUKAN MANFAAT BERBAGI REZEKI BAGI KESEHATAN

Manfaat apa yang ditemukan para peneliti dari orang-orang yang suka berbagi rezeki? Simak ulasannya di sini.

Image source: (Shutterstock)
Image source: (Shutterstock)
Berbagi rezeki yang kita miliki kepada orang lain tak hanya membuncahkan kebahagiaan, tapi menurut penelitian juga berpengaruh terhadap status kesehatan seseorang.

Dalam penelitian yang dilakukan tim dari University of British Columbia, ditemukan bahwa berbagi bisa berefek pada penurunan tingkat tekanan darah seseorang.Untuk mencapai keputusan ini peneliti melibatkan 128 peserra berusia 40 tahun ke atas yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi.

Mereka dibagi dalam dua kelompok. Pertama yang diberi uang dan diberi pilihan untuk menghabiskannya sendiri atau memberikannya kepada orang lain.

Ternyata mereka yang menghabiskan uang untuk orang lain, mengalami penurunan tingkat tekanan darah. “Kami menemukan bahwa mereka yang kerap menyisihkan sebagian uang yang dimiliki kepada orang lain rentan mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik ketimbang mereka yang mengeluarkannya untuk diri sendiri,” ujar Ashley Whillans, salah satu peneliti.

Peneliti juga melihat bahwa konsep berbagi ini bisa memiliki efek jangka panjang pada penderita darah tinggi. “Berbagi telah terbukti dapat meredakan stres dan membantu beban hidup orang lain. Rasa puas telah membantu itu membuat tekanan darah menjadi stabil dan memunculkan perasaan tenang serta bahagia,” imbuh Whillans.

Tak cukup membuktikannya dalam satu penelitian, Whillans pun melakukan penelitian kedua terhadap 186 lansia yang mengidap tekanan darah tinggi.

Hasil menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi peserta mengalami penurunan ketika mereka menerapkan konsep berbagi kepada mereka yang membutuhkan.

(Huffington Post | Article source: http://www.suara.com/health/2016/01/13/073432/peneliti-temukan-manfaat-berbagi-rezeki-bagi-kesehatan?utm_source=suara.com&utm_medium=berita-terkini-bawah&utm_campaign=beritaterkini)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *